Kenali Tips Agar Awet Muda Dan Cantik Secara Alami

Konten [Tampil]

Tips-Agar-Awet-Muda-Dan-Cantik-Secara-Alami


Ђคll๏ … Saat memandang diri ke cermin, apa yang ada dalam pikiranmu? Pertama yang saya perhatikan adalah wajah selanjutnya akan menjawab, apa sih tips agar awet muda dan cantik secara alami. Ups, jangan salah sangka dulu ya! 

Sunnatullah jika setiap orang ingin tampil menawan di setiap kesempatan. Tidak hanya dari segi penampilan luar saja, tetapi juga kondisi tubuh yang prima, segar dan awet muda tentunya. Awet muda bukan berarti melawan tua ya, tetapi kondisi tubuhnya benar-benar terlihat segar dan kulitnya sehat. Nah, siapa sih yang tidak mau? 

Faktor yang Membuat Kulit Cepat Berubah

Banyak orang ingin terlihat awet muda dan memiliki kulit yang sehat. Namun, tidak semua orang dapat menikmati keuntungan ini terutama saat usia semakin bertambah. Tampil awet muda dan cantik memang keinginan hanya saja membutuhkan usaha diri. 


Sebelum mengetahui apa saja tips agar dapat awet muda dan cantik, kenali dahulu faktor yang membuat kulit cepat mengalami perubahan, antara lain:

  • Stres

  • Merokok

  • Kurang istirahat

  • Mengonsumsi alkohol 

  • Pola makan yang kurang seimbang


Rahasia Agar Awet Muda

Kelihatan awet muda dan cantik tidaklah datang dengan sendirinya. Setelah tahu faktor apa saja yang bisa membuat awet muda, lalu akan muncul pertanyaan lagi, apakah setiap orang punya rahasia untuk menjaga tubuhnya agar bisa terus terlihat awet muda dan cantik? 


Kenyataan bahwa setiap orang ingin tetap awet muda selamanya. Namun faktanya, penuaan alami tidak dapat dihindari seiring dengan bertambahnya usia. Meskipun begitu, ada banyak cara yang dilakukan untuk membantu kita tetap terlihat muda dan sehat. 


Awet-Muda-dengan-Perawatan-Kulit-Secara-Alami

Tips Agar Awet Muda dan Cantik Secara Alami

Setiap orang pasti menginginkan agar tetap terlihat awet muda dan cantik meskipun telah berusia lanjut. Namun, perlu perawatan dan perhatian yang lebih serta keteraturan dalam pola hidup sehari-hari. Seiring dengan kemajuan teknologi dan inovasi, ada beragam cara untuk mencapai tujuan tersebut, tetapi tak sedikit yang memerlukan biaya yang cukup tinggi. Berikut beberapa tips cara awet muda dan cantik secara alami, yaitu : 


1. Pola Kebiasaan Makan

Pola makan yang sehat merupakan kunci utama agar tubuh tetap fit dan sehat. Pasalnya, makanan yang dikonsumsi sehari-hari akan mempengaruhi kondisi tubuh secara keseluruhan.

Makanan yang sehat dan bergizi sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan tubuh agar tetap terlihat cantik dan awet muda. Beberapa makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi yaitu buah-buahan segar, sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan. Makanan ini mengandung nutrisi seperti vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit.


2. Perbanyak Konsumsi Antioksidan

Antioksidan adalah zat tertentu yang dapat melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan mencegah penuaan dini. Contohnya seperti vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten. Hal ini dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen atau dikonsumsi melalui makanan seperti buah-buahan dan sayuran.


Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral, serta memiliki kandungan antioksidan seperti buah dan sayuran hijau dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit dan menjaga kesehatannya. Selain itu, omega-3 yang terdapat pada ikan juga mampu membantu mempertahankan kelembaban kulit. Selain itu, hindari mengonsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh, gula, dan sodium.


Baca juga :

* Pola Makan Sehat Saat Puasa


2. Hindari Makanan Cepat Saji 

Dibalik rasanya yang menggoda, makanan cepat saji memberikan dampak bagi tubuh. Obesitas, kolesterol tinggi, dan penyakit lainnya dapat mempercepat proses penuaan. Untuk menjaga tubuh maka disarankan agar menghindari makanan cepat saji yang mengandung banyak lemak jenuh, gula, dan bahan kimia.


Awet-Muda-dengan-Pola-Kebiasaan-Makan-Sehat

3. Minum Teh Hijau 

Kandungan teh hijau dikenal kaya akan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Cobalah untuk minum secangkir teh hijau setiap hari.


4. Menjaga Kebiasaan Minum 

Sudah cukupkah asupan air minum kita dalam sehari? Minum secukupnya sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Terlalu banyak minum alkohol dan minuman bersoda dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan dehidrasi. 


Kebanyakan orang sering melewatkan konsumsi air putih yang cukup setiap harinya. Padahal, kebutuhan air putih per harinya adalah 8 gelas atau sekitar 2 liter. Manfaat dari konsumsi air putih adalah membantu membuang racun dan menjaga kelembaban kulit. Cukup dengan mengonsumsi air putih secukupnya, kulit akan terlihat lebih cerah, lembab, dan sehat.


5. Rutin Melakukan Olahraga

Ada banyak manfaat melakukan olahraga secara rutin. Olahraga bisa membantu melancarkan sirkulasi darah dan meningkatkan kualitas tidur yang dapat mempercepat proses regenerasi kulit pada malam hari. Selain itu, olahraga juga mampu mengurangi stres dan menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh. Lakukan olahraga dengan teratur, minimal 30 menit sehari.


6. Hindari Asap Rokok dan Konsumsi Alkohol

Percayakah jika merokok dapat mempercepat proses penuaan pada kulit? Asap rokok menghasilkan zat kimia berupa radikal bebas  yang merusak elastin dan kolagen yang berfungsi menjaga kekenyalan dan elastisitas kulit. Dengan menghentikan kebiasaan merokok, kulit akan menjadi lebih sehat dan terlihat awet muda. Selain itu, konsumsi alkohol berlebihan juga merupakan penyebab penuaan dini kulit sehingga sebaiknya dihindari.


7. Menjaga Kesehatan Mental

Kesehatan mental yang baik sangat penting untuk menjaga keseimbangan emosi dan pikiran. Kesehatan mental memastikan agar diri kita tetap berhasil dalam melaksanakan tugas sehari-hari dan menjalani aktivitas dengan semangat yang positif. Selain itu, kesehatan mental dapat mempengaruhi kondisi kulit. Bila kondisi mental baik maka akan membuat kulit menjadi bercahaya dan sehat dari dalam.


8. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup setiap harinya sangat penting untuk menjaga keseimbangan hormon dan memulihkan kondisi tubuh. Kurang tidur akan membuat kulit menjadi kering, gelap, dan mudah terlihat keriput. Dalam sehari, diusahakan untuk tidur minimal 7-8 jam agar tubuh tetap terjaga dan kulit tetap terlihat cerah dan sehat.


9. Melakukan Perawatan Kulit Secara Alami

Perawatan kulit yang alami menggunakan bahan-bahan alami yang minim bahan kimia dan pengawet yang dapat mempengaruhi kesehatan kulitmu. Beberapa bahan yang bisa digunakan untuk perawatan kulit alami misalnya minyak zaitun, lidah buaya, madu, lemon, dan lain-lain. Selain itu, perawatan wajah sebaiknya disesuaikan dengan jenis kulit yang dimiliki.


10. Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah adalah hal penting yang harus dilakukan secara teratur untuk menjaga kulit terlihat segar dan bersih. Tapi tidak hanya dengan produk kecantikan yang bisa membersihkan wajah, kita juga dapat melakukan pembersihan secara alami dengan menggunakan air mawar atau air kelapa hijau. Caranya mudah, cukup basahi kapas dengan air mawar atau air kelapa hijau, dan gosokkan lembut pada wajah. Lakukan pembersihan ini setiap hari sebelum tidur malam.


11. Rutin Menghilangkan Make-up

Make-up memang dapat membuat wajah tampak menarik dan indah. Namun setelah pemakaian sebaiknya segera dibersihkan. Jika make-up dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, dapat merusak kulit dan mengganggu kesehatan kulit


12. Menggunakan Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Menggunakan produk perawatan kulit yang tepat adalah kunci untuk menjaga kulit tetap sehat dan awet muda. Pilihlah produk yang cocok dengan jenis kulit Anda dan yang mengandung bahan-bahan alami yang dapat menghidrasi, menyamarkan kerutan, dan menjaga kelembaban kulit.


Awet-Muda-dan-Cantik-dengan-Perawatan-Kulit


13. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan pada kulit dapat merusak sel-sel kulit. Jika hal tersebut terus berlanjut, maka kulit akan mengalami penuaan dini dan menyebabkan keriput serta bintik-bintik pada kulit. Oleh karena itu, sangat penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV) dengan mengaplikasikan tabir surya dengan SPF minimal 30, terutama saat keluar rumah atau beraktivitas di luar ruangan.


14. Mampu Meredakan Stres 

Stres memberikan banyak pengaruh kurang baik bagi tubuh. Diantaranya dapat merusak kulit dan mempercepat proses penuaan. Sebaiknya kita dapat menemukan cara untuk meredakan stres, seperti meditasi atau yoga. 


Penutup

Tips agar awet muda dan cantik secara alami tidak hanya dilakukan untuk kurun waktu tertentu saja. Sebaiknya dapat terus dilakukan agar kondisi tubuh yang diinginkan dapat sesuai harapan. Sudah menjadi keinginan semua orang untuk tetap terlihat cantik dan awet muda sepanjang waktu. 


Namun sayangnya, semakin bertambahnya usia, maka kulit dan wajah kita akan mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan. Semoga beberapa tips alami diatas dapat membantu menjaga kulit cantik dan awet muda, tanpa mengganggu kesehatan kulit. 


Salam hangat


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama