Pilihan Cemilan untuk Penderita GERD, Jangan Terlupakan!

Konten [Tampil]

Pilihan-cemilan-untuk-penderita-GERD


Ħăiii˚ … Pernah merasa sakit lambung dan kurang nafsu makan? Uuh, benar-benar terasa kurang nyaman sekali. Ingin makan, tetapi perut terasa mual. Namun jika tidak makan, lambung terasa makin perih. Aktivitas yang dilakukan pun jadi kurang maksimal. Terus sebaiknya seperti apa cemilan untuk penderita GERD

Karena lambung tidak bisa didiamkan begitu saja. Tetap perlu ada asupan yang masuk ke dalam tubuh. Untuk menambah energi dan mengurangi jumlah asam lambung yang bertambah. Banyak yang menyarankan lebih baik makan sedikit, tetapi sering. Makan pun sebaiknya bertahap, tidak langsung dalam jumlah yang banyak. Ya, kuncinya adalah menjaga pola makan.  

Penyebab Terjadinya GERD

GERD bisa terjadi karena disebabkan oleh beberapa hal, termasuk kelebihan berat badan, merokok, makan terlalu banyak atau terlalu cepat, mengonsumsi makanan yang pedas atau berlemak, atau minum alkohol dan kafein. Namun, faktor penting adalah penyempitan otot kerongkongan bagian bawah, yang memungkinkan asam lambung naik ke kerongkongan.


Nah, untuk mencegah naiknya asam lambung ke kerongkongan, penderita GERD sebaiknya memperhatikan jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi. Beberapa jenis makanan yang dapat memicu GERD, termasuk makanan yang pedas dan berlemak, cokelat, minuman beralkohol, minuman bersoda, jus jeruk, dan kopi.


Cemilan untuk Sakit Lambung

Sakit lambung merupakan kondisi yang seringkali mengganggu kesehatan tubuh. Salah satu penyebab utama sakit lambung adalah pola makan. Beberapa jenis cemilan untuk sakit lambung berikut dapat dikonsumsi untuk membantu mengatasi kondisi, yaitu :


1. Buah-buahan segar

Di antara semua jenis makanan, buah-buahan segar adalah jenis makanan yang paling sehat untuk dikonsumsi saat sakit lambung. Kandungan serat pada buah-buahan segar sangat baik untuk pencernaan dan mengontrol asam lambung yang menyebabkan nyeri pada lambung.


Buah pisang sering menjadi pilihan karena merupakan cemilan yang sangat baik untuk kesehatan lambung. Pisang mengandung kalium dan serat yang dapat membantu memperbaiki kesehatan lambung serta melindungi dinding lambung dari kerusakan.


2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga merupakan cemilan sehat yang sangat baik untuk dikonsumsi saat sakit lambung. Almond, kenari, dan kacang merah mengandung lemak sehat yang dapat membantu memperbaiki kesehatan lambung. Kacang-kacangan mengandung asam lemak omega-3 yang bisa mengurangi inflamasi dan rasa sakit pada lambung. Kandungan seratnya dapat membantu melindungi dinding lambung dari kerusakan.


3. Yogurt

Yogurt mengandung bakteri baik yang bisa membantu menyeimbangkan bakteri di dalam perut dan mengurangi peradangan pada lambung.


Roti-gandum-cemilan-untuk-penderita-GERD


4. Roti gandum

Cemilan selanjutnya adalah roti gandum yang bisa membantu mengurangi rasa sakit pada lambung karena kandungan seratnya yang tinggi. Roti gandum alami juga biasanya lebih mudah dicerna oleh tubuh.


5. Sayuran mentah

Aneka sayuran mentah seperti wortel dan selada bisa membantu meredakan peradangan pada lambung. Kandungan serat pada sayuran mentah juga sangat baik untuk pencernaan.


Baca juga : Pola Makan Sehat Saat Puasa


Penderita Gerd Bolehkah Makan Roti

GERD atau gastroesophageal reflux disease adalah kondisi di mana asam lambung naik ke kerongkongan. Kondisi ini menyebabkan rasa terbakar yang tak nyaman dan bisa terjadi dari waktu ke waktu. Hal penting yang perlu dilakukan dalam mengelola GERD adalah melalui pengaturan pola makan. Ada pertanyaan apakah roti aman bagi mereka yang menderita GERD.


Roti merupakan salah satu makanan pokok yang sangat populer di seluruh dunia. Namun, jenis roti apa yang sebaiknya dikonsumsi oleh penderita GERD untuk menghindari rasa tidak nyaman yang dapat ditimbulkan oleh kondisi ini? Roti yang terbuat dari tepung terigu biasa dapat berkontribusi pada GERD karena terlalu banyak diproses dan rendah serat. Namun, jenis roti yang tepat dapat membantu meredakan gejala GERD.


Pilihan terbaik untuk penderita GERD adalah roti gandum atau roti dengan kandungan serat yang tinggi. Roti gandum memiliki kandungan serat yang lebih tinggi daripada roti putih, yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengurangi risiko naiknya asam lambung ke kerongkongan. Selain itu, roti gandum juga mengandung nutrisi penting seperti vitamin dan mineral, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.


Namun, meskipun roti gandum biasanya lebih aman untuk dikonsumsi oleh penderita GERD, masing-masing individu tetap berbeda dalam hal toleransi makanan mereka. Beberapa orang mungkin masih mengalami gejala GERD meskipun mengonsumsi roti gandum. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan reaksi tubuh setiap kali mengkonsumsi makanan tertentu dan konsultasi dengan dokter jika gejalanya tidak terkendali.


Cara Agar GERD Cepat Sembuh

GERD perlu mendapatkan penanganan yang tepat, karena bila dibiarkan dapat menyebabkan kerusakan pada kerongkongan dan menyebabkan masalah yang lebih serius. Berikut adalah beberapa cara agar GERD cepat sembuh, antara lain:


1. Hindari makanan yang memicu refluks asam

Beberapa makanan dan minuman dapat menyebabkan refluks asam yang lebih sering, seperti kafein, minuman berkarbonasi, makanan pedas, asam, dan berlemak. Hindari makanan-makanan ini atau batasi konsumsinya.


2. Menghindari makan besar di malam hari

Makan besar dapat meningkatkan kemungkinan asam lambung naik ke kerongkongan dan memperburuk gejala GERD. Sebaiknya makan sedikit tetapi sering dan hindari makan besar di malam hari.

Menjaga-asupan-cemilan-untuk-penderita-GERD


3. Menghindari minum alkohol dan merokok

Keduanya dapat meningkatkan risiko refluks asam dan memperburuk gejala GERD.


4. Menggunakan bantal yang lebih tinggi

Tujuannya agar dapat membantu mencegah asam lambung naik ke kerongkongan selama tidur. Selain itu juga dapat mencoba tidur dengan posisi miring atau tidur di sisi kiri.


Baca juga : Tips Awet Muda dan Cantik


5. Menjaga berat badan sehat

Berat badan berlebih dapat meningkatkan risiko GERD. Menjaga berat badan sehat dapat membantu mengurangi gejala GERD.


6. Minum air putih dan hindari minuman berkafein

Minum air putih dapat membantu menetralkan asam lambung dan mengurangi gejala GERD. Konsumsi minuman berkafein seperti kopi dan teh dapat meningkatkan risiko refluks asam.


7. Mengonsumsi obat GERD

Obat GERD dapat membantu mengurangi produksi asam lambung dan meningkatkan pergerakan makanan melalui saluran pencernaan. Obat ini harus dikonsumsi sesuai dengan anjuran dokter.


Penutup

Memilih cemilan untuk penderita GERD, perlu mempertimbangkan beberapa hal. Tidak hanya sekadar bisa memenuhi kebutuhan saja, tetapi perlu diingat untuk memilih makanan yang mudah dicerna dan rendah lemak. Menghindari makanan yang asam dan pedas serta hindari juga minuman berkafein dan alkohol. 


Jika pemilihan cemilan untuk penderita GERD benar, maka dapat membantu mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi risiko kambuhnya sakit lambung. Namun bila gejala GERD tidak kunjung membaik atau terus berlanjut, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Terapi berupa pengobatan dengan obat atau terapi diet juga dapat membantu mempercepat proses pemulihan dari GERD.



Salam sehat


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama