18 Minuman Penambah Daya Tahan Tubuh, Sudah Cobakah Salah Satunya?

Konten [Tampil]

 

Minuman-penambah-daya-tahan-tubuh


Ђคll๏ … Doping positif untuk penambah energi tidak hanya untuk mendongkrak kalori saja, tetapi juga untuk penguat tubuh. Nah, sudahkah kamu mencoba minuman penambah daya tahan tubuh yang ada di sekitar kita? Bisa jadi salah satunya sudah biasa diminum sehari-hari. 


Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Masa pandemi selama dua tahun membuat kita memahami arti penting dari menjaga daya tahan tubuh. Hampir setiap hari kita terus menerus diingatkan "yuk jaga daya tahan tubuh". Setelah melalui masa itu bukan berarti kita jadi semakin lengah. Ada yang tetap terus menjalankan, atau melakukan setengah-setengah. So, tetap berusaha menjaga asupan untuk optimalkan daya tahan tubuh.


Minuman Penambah Daya Tahan Tubuh

Di sekitar kita ada berbagai bahan yang bisa diramu menjadi asupan penambah daya tahan tubuh. Diantaranya diolah menjadi minuman. 


Minuman penambah daya tahan tubuh adalah minuman yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Saat musim pancaroba atau penghujan, kebutuhan akan minuman semacam ini meningkat. Memang sebenarnya tidak hanya diperlukan pada saat musim flu atau saat kondisi tubuh sedang lelah, tetapi juga diperlukan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar.


Beberapa minuman yang dapat menjadi penambah daya tahan tubuh diantaranya : 

1. Lemon Water

Buah lemon mengandung vitamin C yang cukup tinggi, bahkan lebih tinggi dari pada buah jeruk. Vitamin C pada lemon mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh kita. Selain itu, asam sitrat pada lemon juga merupakan sumber antioksidan yang baik untuk melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas.


Cara membuat lemon water sendiri juga sangat mudah. Kamu hanya perlu membeli buah lemon segar, iris lemon menjadi beberapa bagian, dan campurkan dengan air mineral. Letakkan di dalam botol dan bawa ke mana saja.


2. Teh Hijau

Minuman satu ini tentu cukup familiar bagi kita. Teh hijau merupakan jenis teh yang diproduksi dari daun teh yang tidak melalui proses fermentasi. Teh hijau mengandung senyawa yang dikenal sebagai flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan untuk tubuh. Senyawa ini juga dikenal sebagai katekin yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam bertarung melawan bakteri dan virus.


Teh hijau mengandung epigallocatechin gallate (EGCG), yaitu senyawa antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, teh hijau juga mengandung theanine yang bisa membantu meningkatkan mood dan rasa rileks.


Banyak sekali di pasaran yang menyediakan teh hijau dalam bentuk kemasan produk siap saji, tetapi kita sebenarnya juga bisa membuatnya sendiri dengan membeli daun teh hijau dan menaruhnya di dalam cangkir panas. Diamkan sekitar 2-3 menit kemudian teh hijau siap diminum.


Baca juga :  Tips Makan Sehat Saat Puasa


3. Infused Water

Minuman satu ini sudah begitu trend. Infused water merupakan minuman yang terbuat dari air putih dengan tambahan potongan buah dan sayur tertentu. Infused water memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan karena mengandung serat yang tinggi dari buah dan sayur yang digunakan.


Infused water dapat dibuat dengan bahan-bahan seperti lemon, kiwi, strawberry, dan mentimun. Kamu hanya perlu mencuci bersih bahan-bahan tersebut, potong kecil-kecil, dan tambahkan ke dalam air mineral. Lalu, diamkan selama beberapa jam agar khasiat buah dan sayur dapat terserap oleh air.


4. Susu Kefir

Susu kefir merupakan minuman yang berasal dari fermentasi susu dengan bakteri dan ragi. Bakteri dan ragi pada susu kefir dapat membantu mengoptimalkan sistem imun dalam tubuh. Selain itu, kandungan nutrisi pada susu kefir sungguh lengkap, seperti vitamin B, protein, dan kalori rendah.


Jika kamu tertarik untuk membeli susu kefir, bisa mendapatkannya di toko kesehatan atau marketplace. Susu ini bisa untuk menggemukkan diri di rumah. Caranya dengan membeli starter susu kefir dan susu segar, kemudian campurkan dan simpan di dalam wadah tertutup selama beberapa hari.


5. Jus Jeruk

Buah jeruk adalah salah satu buah kesukaan yang memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi dan sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta melawan infeksi. Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Selain itu, jus jeruk juga kaya akan flavonoid yang dipercaya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


Jus-jeruk-minuman-untuk-penambah-daya-tahan-tubuh

6. Air Kelapa

Suka minum air kelapa? Air kelapa merupakan minuman yang kaya akan kalium dan elektrolit yang dapat membantu menjaga keseimbangan cairan pada tubuh. Selain itu, air kelapa juga mengandung antioksidan dan asam laurat yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh.


Baca juga : Jenis-jenis Pare yang Tidak Pahit


7. Teh Jahe

Jahe merupakan rempah dengan segudang manfaat. Kandungan senyawa gingerol didalamnya bisa membantu meredakan gejala flu dan pilek serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, teh jahe juga dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.


8. Jus Sayuran

Sayuran tidak hanya dapat dikonsumsi sebagai menu sayuran saja, tetapi bisa dibuat minuman penambah daya tahan tubuh. Jus sayuran seperti jus bayam, wortel, dan bit mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Jus bayam, misalnya, mengandung vitamin A dan C yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Jus wortel juga kaya akan vitamin A dan beta-karoten yang juga baik untuk kesehatan mata.


9. Susu Almond

Susu almond mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Susu ini juga mengandung vitamin E yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. 


10. Jus Bit

Jus bit mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Jus dari buah ini mengandung senyawa antioksidan yang disebut betalain yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.


11. Teh Chamomile

Teh chamomile mengandung flavonoid apigenin yang dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Teh ini juga dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan yang dapat mempengaruhi kesehatan sistem imun kita.


12. Jus Anggur Ungu

Penyuka anggur ungu yang bentuknya bulat ungu kehitaman? Selain nikmat disantap langsung, pun bisa di jus. Jus anggur ungu mengandung senyawa antioksidan yang disebut resveratrol yang dapat membantu meningkatkan sistem imun. Selain itu, jus ini juga dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.


Jus-lemon-minuman-untuk-penambah-daya-tahan-tubuh

13. Jus Lemon

Jus lemon merupakan salah satu minuman yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Lemon mengandung vitamin C, antioksidan dan senyawa flavonoid yang dapat membantu mencegah kerusakan sel dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, jus lemon juga dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.


14. Jus Cranberry

Jus cranberry mengandung senyawa antioksidan yang disebut proanthocyanidins yang dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih dan infeksi bakteri lainnya. Selain itu, jus ini juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan sistem imun.


15. Susu Kacang-Kacangan

Susu kacang-kacangan seperti susu kedelai, susu almond, dan susu kacang hijau mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Susu kedelai, misalnya, mengandung protein nabati yang tinggi dan isoflavon yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 


Susu kedelai mengandung banyak nutrisi dan senyawa bermanfaat seperti isoflavon, asam lemak omega-3 dan omega-6. Kandungan tersebut membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Susu kedelai juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko osteoporosis.


16. Minuman Fermentasi

Minuman fermentasi seperti yogurt dan kefir mengandung banyak bakteri baik (probiotik) yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kefir juga mengandung vitamin K, D, dan vitamin B yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.


17. Kombucha 

Kombucha adalah minuman fermentasi yang mengandung bakteri baik dan asam organik yang baik untuk kesehatan tubuh. Minuman ini dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

18. Jus Buah Berry

Jus Buah Berry adalah sumber alami vitamin C dan antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Beberapa jenis buah berry yang dapat digunakan untuk membuat jus yaitu blueberry, strawberry, raspberry, dan blackberry. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, jus buah berry juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko terkena kanker.


Penutup

Konsumsi minuman penambah daya tahan tubuh dapat membantu kita mengoptimalkan kekebalan tubuh. Hal ini merupakan salah satu bentuk preventif terhadap perubahan kondisi, musim juga serangan radikal bebas yang ada disekitar kita. 


Kita semua selalu ingin tubuh sehat dan bugar maka banyak cara yang dilakukan. Sehat adalah nilai yang tak terhingga. Maka menjaganya merupakan hal penting dan tidak bisa disepelekan begitu saja. Kebiasaan baik dan sehat yang terus rutin dilakukan, suatu saat akan memberikan bukti nyata bagi diri kita. Adalah keistikomahan kunci dalam menjalankannya. Nah, share yuk minuman mana nih yang paling kamu sukai dan mana sih yang rutin diminum?


Salam sehat 




Referensi:

  • https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-infused-water/
  • https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-teh-chamomile/
  • Linus Pauling Institute. (2021). “Vitamin C”. Retrieved from https://lpi.oregonstate.edu/mic/vitamins/vitamin-C
  • https://www.healthline.com/health/juice-immune-system-boost





Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama