Mengenal 50 Jenis Sayur dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

Konten [Tampil]

50-jenis-sayur-dan-manfaatnya


Ђคll๏ … Manfaat sayur dan buah-buahan sebenarnya sudah tidak diragukan lagi. Namun, mengonsumsinya setiap hari ternyata tidaklah mudah. Ada banyak alasan yang membuat enggan ada dalam menu setiap harinya. Bosan, rasanya kurang enak, tidak berasa gurih, dll. Bagaimana jika 50 jenis sayur dan manfaatnya sudah dikenali dengan baik? Apakah masih merasa ragu untuk menyantapnya setiap hari. 

Setidaknya dalam tiga kali makan sehari, ada 1-2 kali menu sayuran ada dalam sajian. Penyajian yang menarik dan variatif memang sangat menggugah selera makan. Tidak harus dalam jumlah asupan sangat besar, tetapi dalam jumlah yang cukup dan diimbangi dengan lauk pauk lainnya. 

Nikmati Manfaat Sayuran Bagi Tubuh

Sayuran merupakan salah satu sumber pangan yang penting bagi kesehatan tubuh manusia. Secara umum, sayuran dapat diartikan sebagai segala jenis tanaman yang dimanfaatkan untuk diolah dan dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan gizi manusia. 


Terdapat berbagai macam jenis sayuran yang dapat dikonsumsi, dan setiap jenis sayur memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda. Mengonsumsi sayur secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit.


50 Jenis Sayur Dan Manfaatnya

Jenis sayuran yang ada disekitar kita sangatlah banyak. Sudah berapa banyakkah yang kita konsumsi? Dari sekian banyak jumlahnya, jika dihitung yang dikonsumsi memang masih dalam jumlah terbatas. Berikut ini merupakan 50 jenis sayuran dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia, yaitu :


1. Asparagus

Asparagus mengandung vitamin C, vitamin K, dan folat. Kandungan asparagusic acid dalam asparagus juga bisa membantu menjaga fungsi hati.


2. Bayam

Bayam mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan asam folat, serta mineral seperti zat besi dan kalsium. Selain itu, bayam juga mengandung senyawa antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin yang baik untuk menjaga kesehatan mata.


3. Bayam Air

Bayam air mengandung senyawa phytochemical yang dapat membantu melawan kanker dan radikal bebas. Sayuran ini juga baik untuk kesehatan kulit dan sistem pencernaan.


4. Brokoli

Brokoli mengandung vitamin C, vitamin K, vitamin A, dan asam folat. Kandungan senyawa sulfur dalam brokoli juga baik untuk melawan infeksi dan menjaga kesehatan jantung.


5. Bit

Bit mengandung vitamin C, folat, serat, dan antioksidan. Baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah, menurunkan risiko kanker, serta meningkatkan kesehatan otak.


6.Bawang Bombay

Bawang bombay mengandung senyawa sulfur yang bisa membantu melawan radikal bebas dan kanker. Sayuran ini juga bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung.


7. Bawang Merah

Bawang merah mengandung senyawa phytochemical yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Bawang merah juga mengandung senyawa flavonoid yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit.


Baca juga : Jenis Pare yang Tidak Pahit


8. Bawang Putih

Bawang putih mengandung antibakteri dan antioksidan serta dapat membantu mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung.


9. Buncis Merah

Buncis merah mengandung senyawa flavonoid dan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Buncis merah juga mengandung serat dan vitamin C.


10. Buncis

Buncis mengandung vitamin C, vitamin K, dan serat. Kandungan flavonoid dalam buncis juga bisa membantu mencegah risiko penyakit kardiovaskular.


Nikmati-manfaat-sayuran-bagi-tubuh

11. Cabai Merah

Cabai mengandung capsaicin yang dapat mengurangi nyeri dan peradangan serta membantu menurunkan tekanan darah.


12. Cabai Hijau

Cabai hijau memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh juga mencegah kanker. 


13. Daun Bawang

Daun bawang mengandung vitamin C dan vitamin K yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Daun bawang juga mengandung senyawa antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari penyakit.


14. Daun Jeruk

Daun jeruk mengandung senyawa antibakteri dan anti-inflamasi. Selain itu, mereka juga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan.


15. Daun Ketumbar

Daun ketumbar mengandung senyawa antibakteri dan anti-inflamasi. Selain itu, mereka dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.


16. Daun Singkong

Daun singkong mengandung vitamin A, vitamin C, dan zat besi. Kandungan karoten dalam daun singkong juga bisa membantu mencegah kanker.


17. Daun Selada

Daun selada mengandung vitamin C dan kalsium dan bisa membantu menjaga kesehatan tulang dan kulit.


18. Jagung

Jagung mengandung vitamin B6, asam folat, dan serat. Kandungan zeaxanthin dalam jagung juga bisa membantu menjaga kesehatan mata.


19. Jamur

Jamur mengandung banyak protein dan serat. Jamur juga mengandung senyawa ergothioneine, yang berperan dalam melindungi tubuh dari radikal bebas.


20. Kailan

Termasuk jenis sayuran hijau yang bentuknya lembut dan rasanya sedikit manis. Kailan merupakan sumber vitamin C dan Kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. 


21. Kale

Kale mengandung banyak vitamin A, C dan K. Kale juga mengandung senyawa kaempferol, yang dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas.


22. Kangkung

Kangkung mengandung vitamin A, vitamin C, dan zat besi. Kandungan klorofil dalam kangkung juga baik untuk membantu membentuk sel darah merah.


23. Kacang Panjang

Kacang panjang mengandung vitamin C, vitamin K, vitamin A, dan zat besi. Kandungan serat dalam kacang panjang bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan.


24. Kacang Polong

Kacang polong mengandung banyak protein, serat, dan vitamin C. Kacang polong juga mengandung senyawa flavonoid yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.


25. Kacang Tanah

Kacang tanah mengandung protein tinggi dan serat yang baik bagi tubuh. Kacang tanah juga kaya akan vitamin E dan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.


26. Kacang Hijau

Kacang hijau mengandung protein dan serat yang baik bagi tubuh. Kacang hijau juga mengandung vitamin C dan vitamin K yang baik bagi kesehatan tubuh.


27. Kacang Merah

Kacang merah mengandung protein yang cukup tinggi dan juga rendah lemak. Selain itu, kacang merah juga mengandung lemak tak jenuh ganda yang baik untuk kesehatan jantung.


28. Kecubung

Kecubung mengandung vitamin A, C, dan K serta magnesium. Baik untuk membantu menurunkan risiko penyakit jantung, mencegah kanker, dan menjaga kesehatan tulang.


29. Kembang Kol

Kembang kol mengandung banyak vitamin C, K, dan serat. Kembang kol juga mengandung senyawa sulforafan yang dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas dan dapat membantu mengurangi risiko kanker.


30. Kedelai

Kedelai mengandung banyak protein dan serat. Kedelai juga mengandung senyawa isoflavon, yang terkait dengan mencegah kanker dan osteoporosis.


31. Kentang

Kentang mengandung vitamin C dan kalium yang baik untuk kesehatan jantung dan sistem saraf.


32. Kucai

Kucai kaya akan vitamin C dan K, serta dapat membantu mencegah kerusakan sel.


Aneka-jenis-sayuran-dan-manfaatnya


33. Kubis

Kubis mengandung vitamin C, vitamin K, vitamin B6, dan asam folat. Kandungan antioksidan dalam kubis juga baik untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko kanker.


34. Kubis Bunga

Kubis bunga mengandung vitamin C, vitamin K, dan serat. Kandungan glucosinolates dalam kubis bunga juga bisa membantu mencegah kanker.


35. Kubis Brussels

Kubis Brussels mengandung serat dan vitamin C serta beta-karoten. Membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah kanker.


Baca juga : Minuman Penambah Daya Tahan Tubuh


36. Labu Kuning

Labu mengandung vitamin A, kalium, dan serat. Kandungan beta karoten dalam labu juga bisa membantu menjaga kesehatan mata.


37. Labu siam

Labu siam mengandung vitamin C, vitamin A, dan serat. Kandungan cucurbitacin dalam labu siam juga bisa membantu menurunkan risiko kanker.


38. Lobak

Lobak mengandung vitamin C, vitamin B6, kalium, dan serat. Kandungan asam folat dalam lobak juga bisa membantu mencegah bayi lahir cacat.


39. Lemongrass

Lemongrass mengandung senyawa antibakteri dan anti-inflamasi. Selain itu, mereka dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan.


40. Mentimun

Mentimun mengandung vitamin K dan asam folat yang baik untuk kesehatan tulang dan jantung.


41. Mint

Daun ini tidak asing bagi yang sering menggunakannya untuk infused water. Daun mint memang beraroma segar sehingga lebih banyak diguankan sebagai bahan tambahan dalam memasak. 


42. Okra

Okra mengandung serat dan vitamin C yang tinggi. Sayuran ini membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dan menjaga kesehatan kulit.


43. Pare

Pare mengandung vitamin C, vitamin A, dan serat. Kandungan momordisin dalam pare juga bisa membantu menurunkan kadar gula darah.


44. Paprika

Paprika merah mengandung banyak vitamin A, C, dan serat. Paprika merah juga mengandung senyawa karotenoid yang berperan dalam melindungi tubuh dari radikal bebas.


45. Pucuk Paku

Sayuran ini termasuk dalam keluarga paku-pakuan. Daun hijau yang bentuknya agak panjang dan berdaging. Meskipun rasanya agak pahit, tetapi memiliki manfaat untuk kesehatan.


46. Sawi

Sawi mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan kalsium. Kandungan beta karoten dalam sawi juga bisa membantu menjaga kesehatan mata.

   

47. Seledri

Seledri mengandung banyak vitamin A, C, dan K. Selain itu, seledri juga mengandung senyawa yang disebut phthalide, yang dapat membantu dalam mengurangi risiko tekanan darah tinggi.


48. Talas

Talas termasuk bagian sayur, tetapi berbentuk buah yang berwarna merah atau ungu. Mengandung vitamin C, potassium juga serat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. 


49. Timun

Timun mengandung vitamin C, vitamin K, dan potassium. Kandungan cucurbitacin dalam timun juga bisa membantu mencegah kanker.


50. Terong Hijau

Terong mengandung vitamin C, asam folat, dan potassium. Kandungan anthocyanin dalam terong juga bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung.


51. Terung (Terong Ungu)

Terung mengandung antioksidan dan serat serta vitamin C dan K. Membantu meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah kanker.


52. Tomat

Tomat mengandung banyak vitamin C, vitamin K, dan kalium. Tomat juga mengandung senyawa yang disebut likopen yang dapat berperan dalam mencegah kanker.


53. Wortel

Wortel mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan kalium. Kandungan beta karoten dalam wortel juga baik untuk kesehatan mata dan kulit.


Penutup

Jumlah 50 jenis sayur dan manfaatnya di atas barulah sebagian kecil dari banyaknya jumlah sayur yang ada. Adanya zat gizi yang terkandung dalam sayur dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dan menjaga kesehatan tubuh. Berbagai jenis sayuran tersebut juga memiliki manfaat yang berbeda-beda, dan sangat baik jika kita mengkonsumsi banyak jenis sayuran dalam makanan kita sehari-hari dan memvariasikannya. Diantara sekian banyak jenis sayuran, mana nih jenis sayuran yang sudah biasa kamu konsumsi sehari-hari? 


Salam sehat


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama