Ini 7 Makanan yang Bisa Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Konten [Tampil]

Makanan-yang-bisa-meningkatkan-kekebalan-tubuh


Ђคll๏ … BMKG mengingatkan bahwa dalam beberapa hari kedepan akan terjadi cuaca ekstrim yaitu hujan dengan intensitas tinggi dan angin kencang. Nah, kondisi cuaca yang sering mengalami perubahan demi perubahan membuat kita ekstra menjaga kesehatan. Kita perlu optimalkan makanan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuhAda baiknya sebelum itu kita tahu dulu nih apa saja yang berkaitan dengan kekebalan tubuh. 

Penyebab Kekebalan Tubuh Berkurang

Kekebalan tubuh yang berkurang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain :

  • Pola makan yang tidak sehat. Konsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji, makanan yang mengandung banyak gula, dan makanan yang berlemak dapat menurunkan kekebalan tubuh seseorang.
  • Kurangnya olahraga dan kelelahan. Kurangnya olahraga dapat menyebabkan kekebalan tubuh menurun, sedangkan kelelahan dapat menyebabkan kekebalan tubuh tidak optimal dalam melawan penyakit.
  • Stres. Saat seseorang mengalami stres, tubuh akan melepaskan hormon kortisol yang dapat menurunkan kekebalan tubuh seseorang.
  • Paparan bahan kimia atau radiasi. Paparan bahan kimia seperti asap rokok dan polutan udara yang berada di sekitar kita. 
  • Kurangnya tidur. Saat tidur, tubuh akan memproduksi sitokin yang berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Jika seseorang kurang tidur, produksi sitokin akan menurun dan dapat menyebabkan kekebalan tubuh berkurang.


Istirahat-cukup-meningkatkan-kekebalan-tubuh


Kunci Kekebalan Tubuh yang Kuat

Banyak yang mempertanyakan bagaimana sih cara menjaga kekebalan tubuh supaya bisa terus sehat dan bugar? Dalam perubahan cuaca seperti apapun, menjaga kekebalan tubuh yang kuat menjadi kunci yang penting adanya. 


Karena memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat bukan hanya membantu melindungi diri dari berbagai penyakit, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Tips meningkatkan kekebalan tubuh yang bisa kita lakukan, diantaranya :


1. Pola makan sehat dan seimbang

Makanan adalah salah satu kunci utama untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Konsumsi makanan yang sehat dan seimbang seperti sayuran, buah-buahan, protein, dan biji-bijian dapat membantu tubuh mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kekebalan tubuh yang baik.


2. Olahraga teratur

Olahraga yang rutin dilakukan dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Beberapa studi menunjukkan bahwa olahraga moderat dapat memperbaiki respons kekebalan tubuh terhadap infeksi dan penyakit.


3. Istirahat yang cukup

Berapa jam biasanya kita tidur? Umumnya sih sekitar 8 jam sehari ya. Jika kurang tidur dampaknya dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi. Anak-anak saja jika kurang tidur, mereka jadi mudah rewel dan kurang bersemangat. Maka seringkali kita diingatkan untuk menjaga waktu istirahat sebaik mungkin.


Baca juga : Minuman Penambah Daya Tahan Tubuh


4. Hindari stres

Banyak penelitian menunjukkan bahwa stres dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Cari cara untuk meredakan stres seperti meditasi, yoga, atau aktivitas lain yang menyenangkan.


5. Konsumsi suplemen dan vitamin

Suplemen dan vitamin tertentu dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Namun, sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsi suplemen atau vitamin tambahan.


6. Makanan yang Bisa Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh atau sistem imun adalah pertahanan alami tubuh terhadap penyakit. Semua orang ingin sistem imun tubuhnya selalu terjaga baik dan tubuhnya sehat juga bugar. Namun, ada kalanya sistem imun tidak berfungsi dengan baik sehingga timbul berbagai masalah kesehatan. 


Baca juga : Nikmati Manfaat Jahe


7 Makanan yang Bisa Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Asupan makanan merupakan hal yang perlu diperhatikan karena menjadi sumber kebutuhan tubuh utama selain air. Berikut ini adalah 7 makanan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh, yaitu:

Aneka-Makanan-yang-bisa-meningkatkan-kekebalan-tubuh

1. Buah-buahan

Buah-buahan seperti jeruk, stroberi, kiwi, dan mangga, mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dapat membantu memperkuat dan melindungi sel-sel tubuh dari serangan bakteri dan virus.


2. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kubis, mengandung banyak antioksidan, vitamin C, dan E untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, sayuran hijau juga mengandung zat besi yang membantu memproduksi sel-sel darah merah yang bermanfaat untuk kesehatan.


3. Yogurt

Yogurt mengandung probiotik yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Probiotik membantu menyeimbangkan bakteri di saluran pencernaan dan membantu mencegah infeksi. Selain itu, yogurt juga kaya akan vitamin D dan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang.


4. Salmon

Salmon adalah sumber protein sehat dan mengandung asam lemak omega-3 yang membantu melindungi tubuh dari peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Asam lemak omega-3 juga baik untuk kesehatan jantung dan otak.


5. Madu

Madu mengandung enzim dan antioksidan yang memiliki efek antibakteri dan antiviral. Konsumsi madu secara teratur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan penyakit.


6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hijau, kacang almond dan kacang kenari mengandung protein dan antioksidan yang baik untuk kesehatan sistem kekebalan tubuh.


7. Rempah

Rempah seperti jahe begitu populer digunakan dalam masakan dan minuman. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan dan antivirus yang dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Jahe juga dapat membantu melawan infeksi virus dan bakteri. Selain jahe ada kunyit, lengkuas, temuireng, dan lainnya. 


Penutup

Itulah 7 makanan yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun, masih banyak jenis makanan lain yang dapat memperkuat kekebalan tubuh. Untuk lebih mengoptimalkan semua jenis bahan makanan maka sebaiknya kita mengonsumsi aneka jenis makanan yang sehat dan olah secara bervariasi untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.


Salam sehat



Referensi:

  • Harvard Health Publishing. (2020, August). How to boost your immune system. https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/how-to-boost-your-immune-system
  • Mayo Clinic. (2021, March 11). Immune system: How it works. https://www.mayoclinic.org/how-the-immune-system-works/art-20307376 

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama