Cara Mengobati Diabetes pada Anak Bisa Dilakukan Orang Tua

Konten [Tampil]

Cara-mengobati-diabetes-pada-anak


Ђคll๏ … Seberapa besarkah persentase kemungkinan anak diabetes bisa mengalami kesembuhan? Bagaimana cara mengobati diabetes pada anak agar kondisinya bisa terus lebih baik? Tubuh mereka yang terus bertambah besar membutuhkan asupan yang juga terus bertambah. Hal inilah yang membuat orang tua semakin merasa khawatir. 

Faktanya diabetes tidak hanya perlu memperhatikan asupan makanan saja. Memberikan pemahaman sejak dini tentang jenis makanan kepada anak justru akan membuatnya paham mana yang baik dan tidak. Diet yang dilakukan tidak akan mengganggu pertumbuhannya, tetapi membuat anak mampu mengontrol asupan dengan lebih baik.

Penyebab Anak Kena Diabetes

Diabetes bukan lagi penyakit yang terjadi hanya pada orang dewasa, anak-anak juga bisa terkena penyakit ini. Menurut data International Diabetes Federation, pada tahun 2019 terdapat sekitar 1,1 juta anak yang hidup dengan diabetes tipe 1 di seluruh dunia. Diabetes tipe 1 pada anak terjadi akibat kerusakan sel-sel pankreas yang menghasilkan insulin. Namun, apa sebenarnya penyebab anak kena diabetes?


1. Faktor Genetik

Memainkan peran besar pada terjadinya diabetes tipe 1 pada anak. Anak yang memiliki orang tua atau saudara kandung dengan diabetes tipe 1 memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena penyakit ini. Namun, bukan berarti bahwa anak dengan riwayat keluarga diabetes tipe 1 pasti akan terkena penyakit ini.


2. Faktor Lingkungan

Beberapa faktor lingkungan yang dikaitkan dengan risiko terkena penyakit ini antara lain infeksi virus, diet yang buruk dan polusi lingkungan. Infeksi virus dapat memicu sistem kekebalan tubuh untuk menyerang sel-sel pankreas yang menghasilkan insulin. Diet yang buruk, seperti makanan yang mengandung banyak gula, dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang berisiko memicu diabetes tipe 1 pada anak.


3. Faktor Imunologis

Sistem kekebalan tubuh yang tidak normal dapat menyebabkan produksi antibodi yang menyerang sel-sel pankreas yang menghasilkan insulin, sehingga pankreas tidak dapat menghasilkan cukup insulin.


Cara Mengobati Diabetes pada Anak

Diabetes adalah salah satu penyakit kronis yang dapat menyerang siapa saja, termasuk anak-anak. Diabetes dapat terjadi ketika kadar gula dalam darah meningkat secara signifikan karena tubuh tidak mampu memproduksi insulin yang cukup atau tidak mampu menggunakan insulin dengan efektif.


Baca juga : Makanan Penyebab Diabetes Anak


Prevalensi diabetes pada anak-anak terus meningkat, dan banyak faktor yang berperan dalam penyebabnya, termasuk faktor genetik, obesitas, diet yang buruk, dan gaya hidup yang tidak sehat. Namun, ada beberapa cara untuk mencegah diabetes pada anak-anak yang dapat dilakukan oleh orang tua.


1. Konsumsi makanan sehat

Makanan yang sehat dan seimbang adalah kunci untuk mencegah diabetes pada anak. Pastikan anak mendapatkan nutrisi yang cukup dari makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein dari daging tanpa lemak, ikan, dan kacang-kacangan. Batasi konsumsi makanan cepat saji, makanan manis, dan minuman bersoda yang mengandung gula tambahan.


2. Olahraga yang cukup

Olahraga adalah kunci untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan mencegah diabetes pada anak. Anak bisa diajak berolahraga selama setidaknya satu jam setiap hari. Kegiatan seperti bermain, bersepeda, dan berjalan kaki dapat membantu anak tetap aktif dan sehat.


3. Cukup tidur

Tidur yang cukup sangat penting bagi kesehatan anak. Anak yang tidak tidur cukup berisiko lebih tinggi mengalami obesitas dan diabetes. Pastikan anak tidur selama 8-10 jam setiap malam.


4. Cek kesehatan anak secara berkala

Pemeriksaan kesehatan rutin dapat membantu mendeteksi masalah kesehatan sejak dini, termasuk diabetes. Anak mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara rutin dan jika ada riwayat diabetes dalam keluarga, segera konsultasi dengan dokter.


5. Orang tua memperluas pengetahuan tentang diabetes

Mengetahui lebih banyak tentang diabetes dapat membantu orang tua melakukan pencegahan sejak dini. Buku dan situs web yang menyediakan informasi tentang diabetes dapat membantu memahami faktor risiko dan cara-cara untuk mencegah diabetes pada anak.


Bisakah-diabetes-anak-sembuh


Mencegah Diabetes Pada Anak

Mencegah diabetes pada anak memang tidak mudah, tetapi dengan mengikuti tips-tips tersebut, orang tua dapat membantu anak mereka menghindari risiko terkena diabetes. Menjaga gaya hidup sehat dapat membantu anak tumbuh sehat dan bahagia dalam jangka panjang.


Baca juga : Tips Hidup Sehat dan Bahagia


Diabetes tipe 2 pada anak-anak kini semakin meningkat. Hal ini disebabkan oleh pola makan yang salah dan kurangnya aktivitas fisik. Diabetes tipe 2 dapat menimbulkan komplikasi serius, seperti kerusakan saraf, ginjal, mata, dan jantung. Oleh karena itu, penting untuk mencegah diabetes pada anak dengan mengikuti beberapa cara berikut:


1. Pola makan sehat

Anak-anak disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat yang kaya serat, protein, dan rendah lemak jenuh. Contohnya adalah sayuran, buah-buahan, gandum utuh, ikan, kacang-kacangan, dan sumber protein tanpa lemak. Hindari makanan olahan atau makanan cepat saji yang mengandung banyak gula dan lemak jahat.


2. Menjaga aktivitas fisik

Anak-anak perlu melakukan aktivitas fisik minimal 60 menit setiap hari. Aktivitas fisik seperti berlari, bersepeda, atau berenang dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan berat badan berlebih. Bila anak terlihat tidak tertarik dengan olahraga yang terstruktur, cobalah untuk membuat aktivitas fisik menjadi menarik seperti dengan bermain bola atau bermain skate.


3. Kontrol waktu menonton TV dan bermain game

Terlalu lama menonton TV atau bermain game dapat menyebabkan kurangnya aktivitas fisik dan dapat menjadi penyebab obesitas yang meningkatkan risiko diabetes. Sebaiknya batasi waktu menonton TV dan bermain game agar lebih bervariasi dan menyenangkan seperti melakukan aktivitas di luar rumah.


4. Memantau kesehatan anak

Pemantauan kesehatan termasuk mengukur gula darah, tekanan darah, dan kolesterol anak secara rutin. Jika ditemukan faktor risiko, seperti berat badan berlebih atau riwayat keluarga diabetes, maka dokter keluarga atau spesialis dapat memberikan penanganan yang tepat.


Bisakah Diabetes Anak Sembuh

Diabetes pada anak merupakan suatu kondisi yang sangat serius dan memerlukan perhatian yang maksimal dari orang tua maupun tenaga medis. Diabetes dapat terjadi karena beberapa faktor seperti keturunan atau gaya hidup yang tidak sehat. Diabetes pada anak jika tidak diatasi dengan segera dapat menyebabkan berbagai komplikasi serius pada masa depan.


Mengatasi diabetes pada anak tidak selalu mudah. Namun, dengan perawatan yang tepat dan pengelolaan yang benar, diabetes pada anak dapat dikelola dengan baik dan bahkan dapat sembuh. 


Dalam mengatasi diabetes pada anak, orang tua juga harus selalu berkomunikasi dengan dokter spesialis anak dan tim medis yang terkait untuk mendapatkan pengobatan dan perawatan yang tepat. Menjaga pola makan yang tepat, aktivitas fisik yang cukup, obat-obatan yang sesuai, dan pengukuran rutin dapat membantu anak dengan diabetes untuk meraih kesembuhan yang optimal.


Seiring dengan pengobatan medis yang tepat, gaya hidup sehat juga dapat membantu anak dengan diabetes untuk sembuh lebih cepat. Oleh karena itu, menjaga pola hidup yang sehat seperti makan makanan yang seimbang, menghindari makanan yang berlemak, menjaga berat badan, dan rajin berolahraga dapat membantu mengontrol diabetes pada anak.


Penutup

Cara mengobati diabetes pada anak tidak hanya bergantung pada obat yang dokter berikan, tetapi peran orang tua sangatlah penting. Orang tua harus selalu memberikan dukungan, perhatian, dan kasih sayang yang maksimal pada anak. Mereka juga harus memastikan bahwa anak mengikuti pengobatan dan perawatan dengan benar juga teratur. Didukung juga dengan menjaga pola hidup sehat. 


Salam sehat



Sumber:

  • https://www.alodokter.com/5-gejala-awal-diabetes-pada-anak-yang-perlu-anda-perhatikan
  • https://www.bbc.com/indonesia/articles/clj6rene4y7o#:~:text=IDAI%20mencatat%20terdapat%201.645%20anak,2%20kasus%20per%20100.000%20anak


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama