Infused Water Timun Untuk Diet, Benarkah Berkhasiat?

Konten [Tampil]

Infused-water-timun-untuk-diet


Ħăiii˚ … Suka membuat infused water untuk memenuhi asupan cairan tubuh? Jika ya, sudah tahukah khasiat dari infused water ini dan benarkah infused water timun untuk diet. 

Menjaga kebutuhan cairan penting bagi tubuh dan untuk memenuhi kecukupan tersebut, banyak orang yang mulai melirik dan mencoba membuat infused water. Apakah kamu salah satunya atau baru akan mencoba cairan berkhasiat ini? Yuk cari tahu lebih jauh tentang infused water. 

Fungsi Infused Water Timun 

Infused water timun merupakan minuman yang semakin populer belakangan ini. Minuman ini terdiri dari air yang diberi aroma dan rasa dengan timun dan bahan-bahan lainnya. Infused water timun memiliki banyak manfaat dan digunakan sebagai alternatif minuman sehat. Beberapa fungsi infused water timun tersebut, antara lain:


1. Meningkatkan Kadar Air dalam Tubuh

Infused water timun terdiri dari air dan timun yang dikenal memiliki kandungan air yang tinggi. Minuman ini dapat membantu meningkatkan kadar air dalam tubuh sehingga menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Selain itu, infused water timun juga dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat aktivitas fisik atau cuaca panas.


2. Menurunkan Tekanan Darah

Senyawa yang terkandung dalam timun dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan kalium dalam timun juga dapat membantu mengatur dan menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, yang penting untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.


3. Mencegah Dehidrasi

Karena infused water timun memiliki rasa yang menyegarkan dan cairan yang nutrisi, minuman ini dapat membantu mencegah dehidrasi di musim panas atau saat sedang berolahraga.


4. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Infused water timun juga mengandung serat. Serat adalah nutrisi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Serat membantu melancarkan sistem pencernaan dan mempercepat pengeluaran limbah dari tubuh.


Baca juga : Buah yang Bagus untuk Kesehatan


Bisakah Infused Water Menurunkan Berat Badan

Banyak orang yang ingin menurunkan berat badan secara alami. Salah satu cara yang sedang populer saat ini adalah dengan minuman infused water. Infused water atau air infus adalah minuman yang terbuat dari perpaduan air dan bahan-bahan segar seperti buah-buahan, sayuran, atau rempah-rempah yang direndam dalam air selama beberapa jam untuk memberikan aroma dan rasa pada air.

Fungsi-infused-water-timun


Banyak orang yang percaya bahwa infused water dapat membantu menurunkan berat badan. Namun, apakah klaim ini benar-benar didukung oleh bukti ilmiah?


Beberapa studi menunjukkan bahwa minuman infused water dapat membantu menurunkan berat badan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients pada tahun 2016 menunjukkan bahwa konsumsi infused water mengurangi nafsu makan dan meningkatkan asupan cairan pada wanita dewasa yang kelebihan berat badan.

Infused water adalah minuman yang terbuat dari air dan bahan alami seperti buah atau sayuran yang direndam di dalam air selama beberapa waktu.


Selain itu, studi lain juga menunjukkan bahwa konsumsi infused water dapat meningkatkan metabolisme dan mempercepat pembakaran lemak dalam tubuh. Sebuah studi tahun 2018 yang dipublikasikan dalam Journal of Traditional and Complementary Medicine menemukan bahwa infused water dari buah lemon dan daun mint meningkatkan aktivitas antioksidan dalam tubuh serta menurunkan kadar gula darah pada tikus yang kelebihan berat badan.


Namun, penting untuk diingat bahwa minuman infused water bukan cara ajaib untuk menurunkan berat badan secara cepat. Infused water hanya dapat membantu sebagai salah satu bagian dari program penurunan berat badan yang sehat, yang juga melibatkan pengaturan pola makan dan aktivitas fisik.


Jadi, bisakah infused water menurunkan berat badan? Jawabannya adalah ya, tetapi perlu diingat bahwa minuman infused water hanya merupakan bagian dari program penurunan berat badan yang sehat. 


Baca juga : 50 Jenis Sayur dan Manfaatnya


Proses Membuat Infused Water Timun 

Infused water adalah minuman yang terbuat dari air dan bahan alami seperti buah atau sayuran yang direndam di dalam air selama beberapa waktu. Infused water sangat baik untuk kesehatan karena mengandung banyak nutrisi dan energi yang baik untuk tubuh. Salah satu jenis infused water yang populer adalah infused water timun.


Timun sendiri memiliki kandungan air yang tinggi, vitamin C, dan antioksidan yang membantu menjaga kesehatan kulit dan organ tubuh lainnya. Cara membuat infused water timun adalah :

  • Siapkan satu buah timun yang cukup besar dan potong menjadi beberapa bagian kecil.
  • Letakkan potongan timun tersebut ke dalam botol besar dan isi dengan air bersih.
  • Tambahkan beberapa irisan lemon atau jeruk nipis untuk memberikan sedikit rasa asam dan citrus.
  • Diamkan campuran infused water di dalam kulkas selama beberapa jam agar bahan-bahan tersebut dapat mencampur dengan sempurna.
  • Setelah itu, infused water timun siap untuk dinikmati. Jika diinginkan, tambahkan beberapa daun mint untuk memberikan rasa segar dan aroma yang harum.

Infused water timun dapat disajikan sebagai minuman sehari-hari atau sebagai alternatif yang sehat untuk minuman lainnya seperti minuman soda atau perasan buah yang banyak mengandung gula. Selain itu, infused water timun juga dapat membantu dalam mengatur berat badan dan menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh karena rendah kalori dan cukup efektif dalam menghindari kembung dan perut kembung.

Infused-water-menurunkan-berat-badan



Jenis Infused Water Diet Apa Saja

Infused water diet merupakan salah satu diet yang sedang populer saat ini. Diet ini menggabungkan konsumsi air putih dengan buah-buahan, sayuran, dan rempah-rempah dalam bentuk infused water. Beberapa jenis infused water diet yang dapat dicoba:


1. Lemon and mint water

Infused water lemon dan mint memberikan banyak manfaat untuk tubuh, karena lemon kaya akan vitamin C dan flavonoid, sedangkan mint memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri. Selain itu, lemon dan mint juga membantu memperbaiki pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh.


2. Cucumber and lime water

Infused water timun dan jeruk nipis sangat efektif dalam membantu menurunkan berat badan. Timun mengandung banyak serat yang membantu mengurangi rasa lapar dan mempercepat proses pencernaan, sementara jeruk nipis mengandung asam sitrat yang membantu membakar lemak tubuh.


3. Strawberry and basil water

Air infused stroberi dan daun basil mengandung banyak antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain itu, kombinasi buah dan rempah ini juga membantu meningkatkan rasa dan aroma air minum, sehingga menjadi lebih menyegarkan dan lezat.


4. Pineapple and ginger water

Air infused nanas dan jahe kaya akan zat yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu meredakan sakit kepala, dan meningkatkan kinerja pencernaan. Selain itu, jahe juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang membantu melawan infeksi.


Penutup

Infused water timun untuk diet sudah banyak dicoba untuk membantu menurunkan berat badan. Cairan yang terdiri dari air dan timun ini dikenal memiliki kandungan air yang tinggi. Minuman ini dapat membantu meningkatkan kadar air dalam tubuh sehingga menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Selain itu, infused water timun juga dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat aktivitas fisik atau cuaca panas. Mau mencoba membuat infused water timun untuk asupan cairan sehari-hari? 



Salam sehat



Sumber referensi:

  • Guelinckx I, Tavoularis G, König J, et al. Contribution of water from food and fluids to total water intake: Analysis of a French and UK population survey. Nutrients. 2016;8(10):630.
  • "How to make cucumber infused water". Healthline. Diakses pada 2 September 2021. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/cucumber-water

8 Komentar

  1. Wah, lengkap juga ya penjelasannya. Kebetulan banget aku juga lagi nyari minuman yang bisa menghilangkan lemak. Selama ini aku pakai minuman ala Zhao Lusi dan Zhengli

    BalasHapus
  2. Saya malah makan langsung itu mentimun, strawberry dan nanas. Hehe ... Btw khasiatnya sama bisa buat diet gak ya...
    kalau lemon iya sih diminum campur air teh dan kalau anak minta, suka pakai gula juga secukupnya

    BalasHapus
  3. Saya kadang bikin infus water juga. Tapi cuma pake jeruk nipis.
    Belum pernah pake timun atau buah dan sayur lainnya.
    Saya mau juga coba pake timun.

    BalasHapus
  4. Kalau nggak salah, infused timun sering ada di menu hotel ya mbak. Saya memang jarang bermalam di hotel. Tapi, penikmat menunya yang unik dan jarang dibuat di rumah, hehe

    BalasHapus
  5. Jadi tergoda untuk kembali konsumsi iinfused water juga deh. Apalagi kalau yang mentimun dicampur sama lime ini lho. Nyegerin banget rasanya. Biasanya kalau lagi menginap di hotel dan sarapan di restonya, kalau nemu infused water aku auto gembira. Habis kadang kalau bikin sendiri tuh, suka mendadak hilang aja niatnya padahal tinggal cemplung buahnya ya ahahahaha ....

    BalasHapus
  6. Timun dan lemon memang pasangan yang pas ya kak. Selain manfaat yang banyak, rasanya juga saya suka.
    Mhhh kepengen rasa juga nanas dan jahe. Soalnya jahe juga baik buat kesehatan ginjal.

    BalasHapus
  7. Waaaaah banyak banget ya manfaat timun, apalagi kalau udah dibuat infused water. Selama ini kalau timun cuman dimakan gitu aja sih. Trus lagi aku nggak bisa makan timun banyak-banyak. Pasti deh nanti kliyengan. Tekanan darah ndlosor, hiks. Beneran deh itu efektif buat turunin tekanan darah

    BalasHapus
  8. Kebayang segar dan sehatnya infused water timun. Selama ini timun saya makan langsung untuk lalapan. Ternyata banyak manfaat dari infused water timun ya, mudah pula cara bikinnya

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama