Ragam Jajanan Buka Puasa yang Terlaris dan Jadi Pilihan

Konten [Tampil]

Jajanan-Buka-Puasa-yang-Terlaris


Azan Maghrib berkumandang. Merupakan waktu yang dinanti untuk
berbuka puasa setelah selama 13 jam menahan diri dari lapar dan dahaga. Banyak yang mempersiapkan berbagai jenis makanan dan minuman untuk disantap saat berbuka puasa. Berbagai macam jajanan berbuka puasa terlaris pun menjadi pilihan. 

Beberapa jam sebelum waktu berbuka, banyak jajanan yang ditawarkan penjual. Makanan dan minuman dengan bentuk, dan warna yang memikat terlihat begitu menggoda. Jajanan khas yang menjadi primadona saat berbuka puasa, mulai dari kolak, es buah, hingga gorengan.

Menu Takjil Simple dan Favorite

Takjil merupakan hidangan kecil yang disajikan untuk berbuka puasa, biasanya terdiri dari makanan ringan dan minuman segar. Tidak hanya menyegarkan tenggorokan setelah seharian menahan lapar dan haus, tetapi juga menjadi sajian yang disukai oleh banyak orang. Meskipun sederhana, takjil dapat membuat suasana berbuka puasa menjadi lebih meriah dan enak. 


Beberapa menu takjil simple dan favorite yang sering disajikan selama bulan puasa, antara lain : 

  • Kolak, adalah hidangan manis yang terbuat dari campuran pisang, ubi, dan biji salak dengan kuah santan gula jawa, menjadi pilihan favorit banyak orang. Rasanya yang manis dan legit membuat kolak sangat cocok dinikmati saat berbuka puasa.
  • Bubur sumsum, menu takjil sederhana yang terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan santan dan gula merah. Bubur sumsum biasanya disajikan dingin dan sering menjadi pilihan favorit karena teksturnya yang lembut dan manis.
  • Timus goreng adalah camilan sederhana yang terbuat dari ubi jalar yang dipotong tipis dan digoreng hingga renyah. Timus goreng biasanya disajikan dengan saus sambal dan sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga saat berbuka puasa.
  • Es kelapa muda juga tidak kalah populer. Es segar yang terbuat dari daging kelapa muda yang dipadu dengan air kelapa dan gula pasir ini sangat cocok untuk menyegarkan tenggorokan setelah seharian berpuasa.
  • Es buah adalah minuman segar yang terdiri dari potongan buah-buahan seperti melon, semangka, dan anggur yang disajikan dengan es serut dan sirup. Es buah sangat cocok untuk mengembalikan energi setelah puasa seharian dan memberikan sensasi segar di tenggorokan.
  • Ketan durian, jajanan yang juga tak kalah diminati. Ketan yang kenyal dipadu dengan potongan durian manis menjadi kombinasi yang menggoda selera.
  • Kurma juga menjadi jajanan buka puasa yang terlaris. Kurma kaya akan manfaat untuk tubuh dan juga merupakan sunnah Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam.

Tips Berbuka yang Menyehatkan


Berikut beberapa tips berbuka yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh kita, yaitu:


1. Pilih Makanan Ringan dan Seimbang

Saat berbuka puasa, pastikan untuk memilih makanan yang ringan dan seimbang. Mulailah dengan mengonsumsi kurma dan air putih untuk mengembalikan kadar gula dalam tubuh. Selanjutnya, konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, serat, serta vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.


"Dokter tidak akan membuatmu sehat. Ahli gizi tidak akan membuatmu langsing. Guru tidak akan membuatmu pintar. Pakar tidak akan membuatmu tenang. Mentor tidak akan membuatmu kaya. Pelatih tidak akan membuatmu bugar. Pada akhirnya, kamu harus bertanggung jawab. Selamatkan dirimu sendiri." ~ Naval Ravikant

Jajanan-Buka-Puasa-yang-Terlaris-dan-Jadi-Pilihan

2. Menghindari Makanan Berlemak dan Berminyak yang Berlebihan

Makanan berlemak dan berminyak cenderung sulit dicerna dan dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Sebaiknya mengurangi makanan seperti gorengan, fast food, dan makanan yang mengandung terlalu banyak gula.


3. Memperbanyak Konsumsi Sayuran dan Buah-buahan

Sayuran dan buah-buahan mengandung serat, vitamin, dan antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Saat berbuka puasa pastikan untuk memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan segar.


4. Minum Air Putih Secukupnya

Setelah berpuasa seharian, tubuh membutuhkan cairan untuk mengembalikan kadar air yang hilang. Minum air putih dalam jumlah yang cukup saat berbuka puasa dan sebelum sahur membantu pemenuhan kebutuhan cairan tubuh.


5. Batasi Konsumsi Makanan Manis

Rasa manis memang memberikan rasa tersendiri. Namun asupan manis yang berlebihan tentunya memberikan dampak yang kurang baik bagi tubuh. Konsumsi makanan dan minuman manis sebaiknya dihindari atau meminimalisir agar tidak meningkatkan kadar gula darah secara drastis. Sebagai gantinya, pilihlah camilan yang lebih sehat seperti buah-buahan segar atau kacang-kacangan.


Penutup

Jajanan buka puasa terlaris selalu dilirik untuk segera dinikmati. Namun sebenarnya tubuh tidak hanya ingin terpenuhi asupannya semata, tetapi perlu ada kontrol pada jenis makanan tertentu untuk menjaga keseimbangan dan kesehatan tubuh. 


Yuk bersama kita aware dengan makanan dan minuman yang kita konsumsi agar kondisi kesehatan kita terus terjaga dengan baik.


Happy healthy



Sumber referensi : 

https://www.halodoc.com/artikel/makanan-sehat-yang-wajib-tersaji-saat-buka-puasa


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama