Tradisi Ramadhan di Indonesia yang Unik dan Tak Terlupakan

Konten [Tampil]
Tradisi-Ramadhan-di-Indonesia

Suara bedug terdengar nyaring. Anak-anak berlarian menuju ke masjid untuk membantu mempersiapkan acara tarhib Ramadhan ba’da Maghrib. Ini bagian dari tradisi di sekitar rumahku yang dilakukan untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Tradisi Ramadhan di Indonesia memang unik dan menarik perhatian. 

Tidak hanya membuat suasana menjadi lebih semarak, tetapi juga memantik jiwa untuk ikutan menikmati acara yang diadakan. Setiap daerah memiliki tradisi Ramadhan yang berbeda. Hal ini tentu menunjukkan keberagaman daerah. Semua memiliki tujuan yang kurang lebih sama, hanya bentuk acaranya yang berbeda.  

Tradisi Ramadhan di Indonesia yang Unik dan Menarik

Di Indonesia, bulan Ramadhan tidak hanya dipenuhi dengan ibadah dan puasa, tetapi juga tradisi-tradisi unik dan menarik yang menjadi ciri khas tersendiri. Beberapa tradisi yang menjadi pusat perhatian antara lain : 


1. Pasar Malam Ramadhan

Pasar malam Ramadhan biasanya diadakan di sepanjang jalan-jalan di berbagai kota di Indonesia, dimana pengunjung dapat menikmati berbagai jenis makanan khas Ramadhan seperti ketupat, opor ayam, kolak, dan masih banyak lagi. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati berbagai permainan dan hiburan yang disediakan.


2. Tarawih Keliling

Para jemaah masjid biasanya mengadakan tarawih keliling tidak hanya di masjid, tetapi juga di pemukiman sekitarnya. Setelah shalat tarawih, mereka akan menyantap makanan dan minuman bersama-sama, menciptakan kebersamaan dan solidaritas di antara jemaah. Tradisi ini menjadi wadah untuk mempererat tali persaudaraan dan keakraban di antara umat Muslim.


3. Pasar Takjil 

Pasar yang ramai dikunjungi oleh masyarakat setiap sore menjelang waktu berbuka puasa. Berbagai makanan dan minuman tradisional disajikan untuk memenuhi kebutuhan saat berbuka puasa. Pasar takjil ini menjadi tempat bertemu dan berinteraksi bagi masyarakat yang ingin mencari hidangan lezat untuk berbuka puasa.


4. Ngabuburit 

Hal yang khas selama bulan Ramadhan. Ngabuburit merujuk pada kegiatan menunggu waktu berbuka puasa dengan melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan, seperti bermain, berolahraga, atau sekadar berkeliling kota bersama teman-teman. Tradisi ngabuburit ini menjadi momen yang dinanti-nanti oleh banyak orang untuk mengisi waktu hingga berbuka puasa.


Baca juga : Cerita Tentang Puasa Ramadhan


5. Salat tarawih 

Salat tarawih dilakukan setelah salat Isya dan merupakan ibadah sunah yang dilakukan selama bulan Ramadhan. Banyak orang yang berbondong-bondong ke masjid untuk melaksanakan salat tarawih bersama-sama, menciptakan suasana kebersamaan dan kesatuan yang begitu kental di bulan suci ini.


6. Meugang (Aceh)

Tradisi Meugang atau Haghi Mamagang ini merupakan untuk menyambut Ramadhan di Aceh yaitu melakukan kegiatan memasak sehari sebelum Ramadhan berupa daging sapi, kambing atau kerbau. Olahan tersebut dinikmati oleh seluruh keluarga, kerabat atau yatim piatu. Tradisi ini sudah dilakukan sejak abad ke-14 dan diadakan juga saat menyambut Idul Adha.


7. Malamang (Sumatera Barat)

Tradisi menyambut Ramadhan yang dilakukan oleh masyarakat Minangkabau adalah membuat makanan tradisional yaitu lemang. Proses memasaknya dilakukan bersama-sama bertujuan untuk mempererat rasa kebersamaan. 


8. Suru Maca (Bugis, Sulawesi Selatan)

Suku Bugis, Makassar menjelang Ramadhan melakukan tradisi Suru Maca, yaitu membaca doa bersama-sama untuk para leluhur kemudian bersama-sama  menyantap makanan khas yang telah disediakan.


9. Munggahan (Jawa Barat)

Beberapa hari sebelum bulan Ramadhan, masyarakat Sunda mengadakan tradisi Munggahan, yaitu kumpul bersama keluarga, kerabat atau tetangga terdekat untuk makan bersama dan saling bermaaf-maafan. 


Tradisi-Ramadhan-di-Indonesia-yang-Unik-dan-Tak-Terlupakan

Kegiatan yang Dianjurkan Saat Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan suci bagi umat Islam yang dipenuhi dengan berkah dan ampunan. Selama bulan umat Muslim dianjurkan untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang mendekatkan diri pada Allah Ta'ala dan meningkatkan ibadah mereka. Beberapa kegiatan yang dianjurkan saat bulan Ramadhan:


1. Berpuasa

Puasa adalah salah satu ibadah utama yang dilakukan selama bulan Ramadhan. Dengan menahan diri dari makan, minum, dan hal-hal yang membatalkan puasa, umat Muslim dapat mendekatkan diri pada Allah Ta'ala dan meningkatkan rasa kesabaran serta keikhlasan.


2. Membaca Al-Qur'an

Selama Ramadhan umat Muslim juga dianjurkan untuk lebih banyak membaca Al-Qur'an. Dengan memperbanyak membaca kitab suci, kita dapat lebih memahami ajaran-ajaran agama Islam dan mendapatkan berkah yang melimpah.


3. Shalat Tarawih

Selain salat lima waktu, salat tarawih juga menjadi kegiatan yang dianjurkan selama bulan Ramadhan. Dengan melaksanakan salat tarawih, umat Muslim dapat meningkatkan ketaatan mereka kepada Allah Ta'ala dan mendapatkan pahala yang berlimpah.


4. Berinfak dan bersedekah

Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah dan ampunan. Oleh karena itu, umat Muslim dianjurkan untuk lebih banyak berinfak dan bersedekah selama bulan ini. Dengan berbagi rezeki kepada sesama, kita dapat berbagi dan membantu mereka yang membutuhkan.


5. Memperbanyak dzikir dan doa

Umat Muslim juga dianjurkan untuk lebih banyak berdzikir dan berdoa selama Bulan Ramadhan. Dengan mengingat Allah Ta'ala dan memohon ampunan-Nya, kita dapat membersihkan hati dan jiwa serta mendekatkan diri pada Sang Khalik.


Penutup

Tradisi-tradisi Ramadhan di Indonesia yang unik dan menarik menjadi warisan budaya yang patut untuk dilestarikan. Semangat kebersamaan dan kegembiraan yang terpancar dari pelaksanaan tradisi-tradisi tersebut adalah hal yang membuat Ramadhan jadi begitu istimewa.


Namun semaraknya tradisi yang dilakukan tidak menyurutkan niat diri untuk mengoptimalkan hari yang dilalui selama bulan Ramadhan. Berusaha untuk menjalankan ibadah sebaik mungkin dan mengoptimalkan diri hingga sebulan penuh. Insya Allah… 


Happy fasting



Sumber referensi:

  • https://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/8-tradisi-menyambut-ramadan-di-indonesia-yang-penuh-makna
  • https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20240305065833-284-1070460/7-tradisi-menyambut-ramadan-yang-populer-di-indonesia


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama