Tips Menu Sahur Sehat untuk Diet dan Kesehatan Tubuh

Konten [Tampil]

Tips-Menu-Sahur-Sehat-untuk-Diet
Sahur… Sahur… Adalah waktu dini hari untuk menyantap makanan. Sebenarnya waktu tersebut enggan untuk bangun, karena masih menikmati pulasnya tidur nyenyak. Namun sahur merupakan salah satu waktu makan yang sangat penting selama bulan puasa Ramadan. Seperti apa sih, menu sahur sehat untuk diet itu?

Selama berpuasa memilih makanan yang sehat untuk sahur sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan memberikan energi yang cukup untuk berpuasa seharian. 


Makanan yang Sehat Untuk Sahur

Imam An Nawawi RA mengatakan “makan sahur akan membantu orang yang berpuasa agar lebih kuat dalam menjalankan ibadahnya.” Sahur merupakan anjuran Rasulullah sebelum menjalankan ibadah puasa.  


Beberapa jenis makanan sehat yang cocok untuk sahur,antara lain : 

  1. Oatmeal. Makanan ini kaya akan serat dan dapat memberikan energi yang stabil seharian. Selain itu, oatmeal juga dapat membantu menjaga kolesterol dan memiliki kadar gula darah yang rendah. Menurut American Heart Association, mengonsumsi oatmeal secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit jantung.
  2. Buah-buahan segar. Buah-buahan mengandung vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tubuh, serta memberikan energi secara alami. Beberapa buah yang cocok untuk sahur antara lain pisang, apel, dan jeruk. Centers for Disease Control and Prevention menjelaskan bahwa, mengonsumsi buah-buahan secara rutin dapat membantu menjaga berat badan yang sehat dan mencegah penyakit kronis.
  3. Makanan sumber protein. Pentingnya sumber protein dalam menu sahur yang sehat. Telur merupakan salah satu sumber protein yang baik dan dapat dicerna dengan mudah oleh tubuh. Telur juga mengandung lemak sehat dan dapat membantu menjaga kenyang lebih lama. 


Antara Puasa dengan Diet

Berpuasa sebulan penuh tentu saja mempengaruhi jumlah asupan yang masuk ke dalam tubuh. Pada hari biasanya kita mengonsumsi berbagai jenis makanan dan minuman sesuai waktu yang kita inginkan. Namun saat berpuasa, tubuh tidak mendapatkan masukan makanan juga minuman sekitar 13-15 jam. Tentu waktu yang cukup panjang. 


Hal ini diasumsikan bahwa berpuasa sama dengan diet. Diet puasa (intermittent fasting) merupakan istilah yang menerapkan aturan terhadap pola makan yaitu waktu berpuasa dengan makan. Asupan makanan yang berkurang akan membuat penurunan berat badan jangka pendek. 


Diet berpuasa memang dapat menurunkan berat badan, tetapi tetap diperlukan pengawasan terhadap makanan dengan baik agar kondisi tubuh tetap sehat dan bugar, antara lain : 

  1. Tidak melewatkan makan sahur
  2. Mengontrol makanan berminyak
  3. Konsumsi makanan tinggi protein dan serat
  4. Mengatur makanan dan minuman yang manis
  5. Cukup air putih
  6. Melakukan olahraga rutin
  7. Cukup istirahat    

Baca juga : Ikuti Puasa Sehat ala Rasulullah, Yuk!


Tips-Menu-Sahur-Sehat-untuk-Diet-dan-Kesehatan-Tubuh


Menu Sahur Sehat untuk Diet dan Kesehatan Tubuh

Sahur merupakan salah satu waktu yang penting selama bulan puasa Ramadan. Makan sahur tidak boleh diabaikan, karena sahur yang tepat dapat memberikan energi yang cukup untuk bertahan puasa seharian. 

Namun, tidak sedikit orang yang merasa khawatir dengan asupan makanan mereka saat sahur, terutama bagi yang sedang menjalani program diet atau peduli dengan kesehatan. Untuk itu, penting untuk memilih jenis makanan sahur yang cocok untuk diet dan kesehatan yaitu memilih jenis makanan sahur yang tepat juga sangat diperlukan tubuh.


Beberapa menu sahur sehat untuk diet dan kesehatan tubuh antara lain : 


1. Telur

Merupakan sumber protein yang baik dan dapat membantu mempercepat metabolisme tubuh. Selain itu, telur juga mengandung nutrisi penting seperti vitamin D dan selenium.


2. Buah-buahan segar

Buah seperti apel, pir, dan anggur adalah pilihan yang baik untuk sahur. Buah-buahan mengandung serat, vitamin, dan antioksidan yang mendukung kesehatan tubuh.


3. Sayuran hijau

Sayuran pun menjadi asupan yang penting. Bayam, kangkung, dan brokoli mengandung banyak serat dan nutrisi penting lainnya. Sayuran hijau juga rendah kalori sehingga cocok untuk diet.


4. Daging tanpa lemak

Sumber protein seperti daging ayam atau ikan adalah sumber protein yang baik tanpa lemak jenuh yang berlebihan. Protein membantu dalam mempertahankan massa otot selama puasa.


5. Yogurt

Yogurt juga merupakan pilihan makanan sahur yang sehat dan rendah kalori. Yogurt mengandung bakteri baik yang baik untuk pencernaan dan dapat membantu menurunkan berat badan. Anda dapat menambahkan buah-buahan segar atau biji-bijian ke dalam yogurt untuk menambah rasa dan nutrisi.


Selain memperhatikan jenis makanan sahur, tidak lupa juga untuk memperhatikan porsi makanan yang anda konsumsi. Usahakan untuk tidak mengkonsumsi makanan berlebihan agar tetap sehat dan dapat menjalani puasa dengan lancar.


Penutup 

Menyajikan menu sahur yang sehat untuk diet dan kesehatan penting dilakukan. Karena asupan saat sahur akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi selama menjalankan ibadah puasa. Namun, tidak sedikit orang yang merasa khawatir dengan asupan makanan mereka saat sahur, terutama bagi yang sedang menjalani program diet atau peduli dengan kesehatan.


Oleh karena itu, penting untuk memilih jenis makanan sahur yang cocok untuk diet dan kesehatan. Puasa lancar, tubuh sehat dan asupan terpenuhi dengan baik adalah harapan semuanya. Sudahkah Anda memenuhi kebutuhan makanan dan minuman dengan baik saat sahur? Cek n ricek yuk!



Happy healthy  



Sumber referensi:

https://siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/diet-saat-puasa 

https://www.alodokter.com/manfaat-diet-puasa-untuk-menurunkan-berat-badan

https://www.healthline.com/nutrition/12-best-foods-to-eat-in-morning



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama