Penyebab Kulit Kering Saat Puasa dan Cara Mengatasinya

Konten [Tampil]
Kulit-Kering-Saat-Puasa-dan-Cara-Mengatasinya


Kulit sehat dan terawat adalah idaman semua orang khususnya perempuan. Saat berpuasa kondisi tubuh dan kulit mengalami sedikit perubahan. Kurangnya asupan cairan, berubahnya pola makan dan paparan sinar matahari membuat kulit kering saat puasa. Benarkah demikian?   

Penyebab Kulit Kering Saat Berpuasa

Penyebab utama kondisi ini adalah kurangnya asupan cairan dan nutrisi yang cukup selama puasa. Hal ini dapat menyebabkan dehidrasi dan kekurangan vitamin serta mineral yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit.

Kurangnya konsumsi air selama berpuasa juga dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Ketika tubuh kekurangan cairan, kulit akan kehilangan kelembapannya dan menjadi kering. Beberapa orang justru cenderung tidak menggunakan pelembap secara rutin selama bulan puasa yang menyebabkan kulit menjadi kering.

Mengatasi kulit kering saat berpuasa dapat dilakukan dengan meningkatkan asupan air secara teratur, mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan dan nutrisi, serta menggunakan pelembap secara teratur. 

Pola makan yang tidak seimbang dapat menjadi penyebab kulit kering saat berpuasa. Kurangnya konsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin dan mineral memengaruhi kesehatan kulit juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam.

Selain itu, paparan sinar matahari yang berlebihan saat berpuasa juga dapat menjadi penyebab kulit kering. Teriknya sinar matahari saat berpuasa bisa membuat kulit menjadi kering dan teriritasi.

Baca juga :

Bolehkan Melakukan Eksfoliasi Saat Puasa

Eksfoliasi merupakan langkah penting dalam perawatan kulit untuk mengangkat sel kulit mati dan merangsang regenerasi sel baru. Namun, bolehkah eksfoliasi dilakukan saat kita sedang berpuasa?

Menurut para ahli kecantikan, eksfoliasi bisa dilakukan saat puasa asalkan dilakukan dengan hati-hati dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti memilih produk eksfoliasi yang sesuai dengan jenis kulit dan konsultasi dengan ahli kecantikan terlebih dahulu.

"Eksfoliasi saat puasa tidak dilarang asalkan dilakukan dengan cara yang benar dan tidak berlebihan. Perhatikan juga kondisi kulit saat berpuasa karena metabolisme tubuh bisa berubah saat menahan lapar dan haus.” ~ dr. Meitya Sari (dokter kecantikan)

Kulit-Kering-Saat-Puasa

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Saat Puasa

Beberapa tips menjaga kesehatan kulit saat puasa antara lain:


1. Perbanyak konsumsi air putih

Selama berpuasa, tubuh cenderung mengalami kekurangan cairan karena selama beberapa jam asupan air tidak terpenuhi seperti hari biasanya. Minum minimal delapan gelas air putih setelah berbuka dan sebelum sahur dapat menjaga kelembapan kulit.


2. Konsumsi makanan bergizi

Memilih makanan yang mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Hindari makanan yang berlemak dan berminyak karena dapat menyebabkan jerawat.


3. Menggunakan tabir surya

Meskipun berpuasa, tetaplah menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang berbahaya. Paparan sinar matahari dapat menyebabkan penuaan dini bahkan kanker kulit.


4. Menjaga kebersihan kulit

Membersihkan wajah secara teratur dengan produk yang sesuai dengan jenis kulit. Hindari penggunaan produk yang mengandung alkohol karena dapat membuat kulit menjadi kering.


5. Istirahat yang cukup

Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan kulit. Kurang tidur dapat menyebabkan kulit terlihat kusam dan berkantong.

Merawat Kulit Tetap Sehat dengan Produk Skincare yang Tepat

Kulit sehat dan terawat tidak terjadi dengan sendirinya. Membutuhkan perawatan yang rutin dilakukan. Pemilihan produk yang sesuai dengan kondisi kulit tentu menjadi bagian yang sangat penting.

Theraskin menyediakan beragam produk perawatan kulit yang membantu menjaga kondisi kulit tetap sehat dengan formulasi yang efektif, aman, halal dan bersertifikasi BPOM. Perawatan yang dilakukan dengan konsisten membantu menjaga elastisitas kulit dan melindungi dari kerusakan akibat sinar UV serta polusi. 

Dalam memilih produk perawatan kulit, penting untuk memperhatikan kebutuhan kulit masing-masing atau berkonsultasi dengan ahli dermatologi. 

Penutup

Kulit kering saat berpuasa menjadi masalah bagi banyak orang. Penyebab utama kondisi ini adalah kurangnya asupan cairan dan nutrisi selama berpuasa. Tubuh membutuhkan air yang cukup untuk menjaga kelembapan kulit. 

Untuk mengatasi kulit kering saat berpuasa, penting untuk tetap menjaga asupan cairan yang cukup dengan minum air putih lebih banyak saat berbuka dan sahur, serta mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin dan mineral untuk menjaga kesehatan kulit. Sudahkah kebutuhan cairan tubuhmu terpenuhi dengan baik?


Happy healthy


Sumber referensi:

  • https://dinkes.deliserdangkab.go.id/pentingnya-menjaga-kesehatan-kulit-wajah.html
  • https://www.halodoc.com/artikel/catat-ini-5-cara-menjaga-kesehatan-kulit-selama-bulan-puasa


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama