Mengapa Kita Harus Berpuasa Pada Bulan Ramadhan, Ini Alasannya

Konten [Tampil]
Mengapa-Kita-Harus-Berpuasa-Pada-Bulan-Ramadhan-Ini-Alasannya

Mengapa kita harus berpuasa pada bulan Ramadhan, pernahkan kita bertanya tentang hal ini? Selain karena bagian dari rukun Islam juga ada alasan lain yang sepatutnya kita pahami juga sebelum menjalankan ibadah puasa. 

Tak terasa sudah masuk bulan April dan Ramadhan menghampiri kita dengan penuh keberkahannya. Bulan istimewa untuk umat Muslim. Banyak kegiatan ibadah yang dilakukan selama bulan tersebut.


Mengapa Kita Harus Berpuasa pada Bulan Ramadhan

Bagi kita kaum Muslim, menjalankan ibadah puasa sudah mulai dilatih sejak masih kecil, usia TK atau SD. Jadi sudah menjadi hal rutin yang kila lakukan setiap tahunnya. Terlebih kita sudah memahami bahwa puasa di bulan Ramadhan hukumnya wajib untuk kaum muslimin dan muslimat.  

Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kalian bertaqwa” ~ QS. Al Baqarah: 183

Ini merupakan salah satu alasan kenapa kita menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Berpuasa hanya dilaksanakan saat bulan Ramadhan selama sebulan penuh. Selama sekitar 13 jam kita menahan diri untuk tidak makan dan minum serta hal lain yang membatalkan puasa.  


Pengertian Puasa

Menurut Wikipedia, kata saum merupakan bahasa Arab yang berarti menahan diri dari makan juga minum san segala perbuatan yang dapat membatalkan puasa. Rentang waktu mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya sinar matahari. Tujuannya agar dapat meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT.


Sejarah Berpuasa

Sejak kapan sebenarnya umat manusia sudah mulai berpuasa? Puasa sudah dilakukan sebelum Islam datang. Menurut buku Rahasia Puasa Ramadhan karya Al Jibouri dan Maliki Tabrizi (2002), bangsa Yunani sudah berpuasa kala itu yang dilakukan sebelum terjun ke medan pertempuran. 


Tentu puasa yang dilakoni memiliki tujuan dan niat sesuai dengan kebudayaannya. Tak jauh berbeda, bangsa Romawi juga melakukan puasa dengan tujuan agar bisa memberikan kekuatan fisik, melatih kesabaran dan ketabahan yang merupakan prasyarat untuk memenangkan pertempuran. 

Di masa Rasulullah Saw, beliau berkata,

"Sesuatu itu adalah puasa. Puasa mampu menghitamkan wajah setan, sedangkan sedekah mampu mematahkan tulang punggung setan. Cinta karena Allah dan membantu orang-orang lain dalam melakukan perbuatan-perbuatan baik mampu memutuskan buntut setan, sedangkan memohon ampunan Allah dapat membelah tulang belakangnya. Bagi segala sesuatu ada zakatnya, dan zakat tubuh adalah puasa."

Ini-Manfaat-Mengapa-Kita-Harus-Berpuasa-Pada-Bulan-Ramadhan


Manfaat Berpuasa

Kita sudah tau nih mengapa harus berpuasa pada bulan Ramadan. Selanjutnya apa sih yang kita rasakan setelah menjalankan puasa selama sebulan, atau menurut medis apa saja ya manfaatnya untuk tubuh kita, antara lain :


1. Menjaga Kesehatan Jantung

Berpuasa selama sebulan mengubah pola makan kita. Baik saat sahur juga berbuka kita berusaha untuk menjaga asupan makanan sebaik mungkin. Berpuasa selama 13 jam tidak makan dan minum membuat energi tubuh berkurang. 


Berharap asupan makanan yang baik dan sehat akan membantu memulihkan kondisi tubuh lebih cepat dan nutrisi yang sudah digunakan dapat tergantikan kembali. Hasil dari beberapa riset menunjukkan bahwa dengan berpuasa risiko penyakit jantung, kolesterol meningkat juga darah tinggi menjadi rendah.


2. Meminimalisir Diabetes

Risiko diabetes bisa dialami oleh siapa pun tanpa memandang usia. Karena diabetes umumnya terjadi karena faktor asupan makanan. Berpuasa memberikan efek untuk perbaikan metabolisme tubuh juga meningkatkan kinerja insulin. 


3. Menurunkan Berat Badan

Seringkali kita ditanya, berapa kilogram berat badan yang turun selama berpuasa? Ada yang 1 kg, 2 kg atau bisa 3 kg. Tentu semuanya disesuaikan lagi dengan asupan makanan sebelum dan sesudah berpuasa. 


Hasil dari penelitian, berpuasa dapat meningkatkan metabolisme tubuh yaitu dengan pembakaran kalori juga lemak sehingga berat badan menjadi turun. Alhasil mengurangi risiko obesitas juga.  

  

4. Mengoptimalkan Kesehatan

Kesehatan tubuh tidak hanya didukung oleh kesehatan fisik saja, tetapi juga mental. Kondisi tubuh yang lebih rileks dan adanya kedekatan dengan Sang Khalik memberikan kenyamanan tersendiri dalam diri. Hal ini membuat suasana hati jadi lebih tenang. 


Puasa memang dapat menurunkan kadar hormon stres atau kortisol dan membantu merangsang hormon endorfin yang dapat meredakan rasa cemas. 


Di balik semua manfaat berpuasa tersebut, Ustadz Adi Hidayat, Lc., M.A. memberikan penjelasan kenapa umat Islam wajib menjalankan puasa Ramadan



Penutup

Mengapa kita harus berpuasa pada bulan Ramadhan sudah tidak dipertanyakan lagi. Karena pada hakikatnya kita sudah mengetahui bahwa puasa merupakan bagian ketiga dari rukun Islam. Berpuasa sebulan penuh memberikan manfaat juga untuk kondisi kesehatan tubuh kita.


Jadi dibalik kesabaran kita dalam menjalankan ibadah puasa, ada bonus juga yang kita dapatkan. Semoga puasa Ramadhan kita tahun ini jauh lebih baik dari sebelumnya dan semakin mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Aamiin. 



Salam



Sumber :

https://id.wikipedia.org

https://muslim.or.id

https://kumparan.com

https://www.alodokter.com


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama